Ketika Syaikhona Kholil masih paling kecil, bahkan masih belum baligh beliau pernah disuruh ayahandanya, Kiai Abdul Lathif, guna bersilaturrohmi ke Pasuruan, ke lokasi pesantren kawan ayah beliau yang mempunyai nama Sayid Abu Dzarrin yang belakangan masyhur dengan julukan Sayid Tugu atau Mbah Tugu.
Sayid Abu Dzarrin kala itu ialah sosok ulama yang berasal dari Cirebon dan menetap di Karangsono, Winongan, Pasuruan. Beliau menegakkan sebuah pesantren di desa itu. Beliau paling alim, zuhud, dan waro'. Konon di pesantren beliau, bukan para insan saja yang menuntut ilmu disana, namun tidak sedikit juga semua jin yang ngaji di sana.
Saat Syaikhona Kholil kecil dan ayahandanya hingga di lokasi tinggal Sayid Abu Dzarrin di Karangsono, Pasuruan, mereka disambut dengan paling hangat, saling ngobrol dan sesekali terdapat canda. Sedangkan Kholil kecil laksana layaknya anak yang masih kecil bermain di luar. Namun tiba-tiba Sayid Abu Dzarrin mohon izin untuk Kiai Abdul Lathif, ayah Kholil kecil, guna mengajaknya ke dalam lokasi tinggal sebentar. Diajaklah dia ke sebuah tempat.
Memang Sayid Abu Dzarrin ialah seorang wali Allah yang kasyaf, yang memahami tentang hal-hal yang tidak diketahui oleh orang biasa. Beliau sudah lama menyaksikan bahwa Kholil kecil ialah sosok yang bakal menjadi orang besar dan menjadi wali Allah. Alkisah, ketika pertemuan berdua itu, beliau memegang dada Kholil kecil seraya berdoa yang entah apa yang beliau baca. Setelah tersebut beliau berbicara kepada si Kholil kecil. "Kamu nanti bila sudah besar main lagi ke sini ya, aku tunggu". kata Sayid Abu Dzarrin. "Inggih". jawab Kholil.
Tapi yang namanya anak kecil, dia anggap peristiwa tadi itu, tidak terdapat istimewanya sama sekali. Yang dia mau ya hanya bermain dan bermain saja. Maklum, masih kecil. Karena sudah lumayan lama berada di lokasi tinggal Sayid Abu Dzarrin, kesudahannya tibalah waktunya berpamitan. Kholil kecil dan ayahnya juga pamit pulang. Namun mereka tidak langsung pulang, mereka meneruskan perjalanan silaturrohmi ke ulama-ulama lainnya. Harapan sang ayah ialah agar Kholil kecil ini nantinya mendapat berkah dari semua kiai-kiai yang disowaninya (meskipun sang ayahanda, Kiai Abdul Lathif, pun termasuk sosok ulama besar yang paling disegani).
Menurut sejumlah sumber, silaturrohmi juga berlanjut sampai sampai ke Jawa Tengah. Kurang tahu persisnya di wilayah mana. Di Jawa Tengah mereka mampir ke lokasi tinggal seorang Kiai yang masih terdapat pertalian saudara. Seperti biasanya, mereka juga saling ngobrol dan canda guna melepas kangen. Di tengah-tengah mengobrol serius, tibalah masa-masa sholat dhuhur. Akhirnya mereka pun mengemban sholat berjama'ah tergolong si Kholil kecil. Yang menjadi imam ketika itu ialah tuan rumah. Namun aneh, saat di tengah-tengah sholat, Kholil yang masih kecil tersebut tiba-tiba tidak meneruskan sholatnya. Dia hanya duduk saja dan memandangi tuan lokasi tinggal yang masih sibuk menjadi imam sholat.
Setelah sholat berlalu sang ayah dan tuan lokasi tinggal merasa heran. Mereka bertanya mengapa Kholil kecil tidak mengekor sholat berjama'ah sampai selesai?.. dengan entengnya Kholil menjawab: "Lha saya heran dengan imamnya itu. Sholat kok seraya bawa sayuran di pundaknya".
Mendengar jawaban laksana itu, kontan sang ayah marah dan merasa malu sama tuan rumah. Bagaimana tidak, fakta yang ada merupakan, sang imam tidak membawa apapun di pundaknya. Tapi tuan rumah tidak mengizinkan ayah Kholil memarahi anaknya, justeru tuan rumah tersebut berkata: "Sudah sudah.. anak kamu tidak salah, memang saya yang salah. Sholat tersebut mestinya menghadap Allah, lha kok justeru saya ingat barang-barang sayur saya, tersebut namanya sholat yang tidak khusyu'".
Luar biasa.. Kholil yang masih sekecil itu dapat mengetahui sesuatu yang orang beda tidak tahu. Itulah karomah beliau di kala masih kecil. Sang ayah juga heran, dia bertanya pada anaknya yang masih lugu itu:
"Kholil.. siapa yg mengajari kamu, sampai kamu dapat seperti itu?"..
Dengan polosnya ia menjawab:
"Mbah Yai"..
"Mbah yai yg mana?"..
"Mbah Yai yang di Pasuruan yang kemarin anda ke sana"..
"Kiai Abu Dzarrin Itu?"..
"Inggih"..
Singkat cerita, Kholil kecil kini sudah dewasa, beliau paling tekun dalam menggali ilmu di sejumlah pondok pesantren. Beliau sudah lupa dengan kejadian spektakuler yang beliau alami ketika di Pasuruan dulu. Berkat ketekunan dalam hal menggali ilmu, beliau kesudahannya menjadi sosok pemuda yang disegani sebab kealimannya. Beliau senang sekali mengekor bahtsul masa-il yang diselenggarakan dimanapun, lagipula kalau ngobrol mengenai kitab-kitab atau hukum-hukum syar'i tentu beliau sangat kerasan sekali. Beliau sudah menikmati manisnya rasa beribadah dan menuntut ilmu.
Meskipun beliau telah nyantri ke sejumlah kiai alim dalam masa-masa yang tidak sebentar, sampai ukuran ilmu yang beliau peroleh sebetulnya sudah sangat memadai untuk diajarkan, tetapi beliau ibarat orang yang tidak jarang kali haus akan cucuran air yang segar ketika berada di tengah padang pasir. Begitu pun di dalam masalah belajar dan tabarruk, beliau masih merasa haus bakal dua urusan itu.
Hingga sebuah ketika, beliau mendengar mengenai seorang ulama besar yang paling alim di wilayah Banten yang mempunyai nama Kiai Nawawi. Sebenarnya Kiai Nawawi tidak sedang di Banten, lokasi kelahirannya, tetapi beliau telah menetap dan berda'wah di kota Makkah Al Mukarromah. Kealiman dan kezuhudan Kiai Nawawi telah terdengar di semua penjuru Indonesia, sampai saking seringnya Kiai Kholil mendengar mengenai Kiai Nawawi, maka niat dan tekad beliau guna berguru pada Kiai Nawawi tak dapat dibendung lagi. Beliau dengan sabar menantikan kedatangan Kiai Nawawi kembali ke Banten. Memang seringkali Kiai Nawawi pun pulang ke Banten, entah tersebut 2 tahun sekali atau lebih, walau cuma sebentar.
Kiai Nawawi sendiri ialah salah satu kekasih Allah yang di kehidupan beliau selalu diisi dengan keagungan dan karomah. Terbukti ketika beliau masih sedang di kota Makkah, beliau tahu dengan apa yang diharapkan oleh Kiai Kholil yang terdapat di Madura pada ketika itu. Segera beliau berangkat kembali ke Banten dengan masa-masa perjalanan yang tak laksana biasanya, laksana yang dilaksanakan oleh Syekh Abul Qois Al Haroni, seorang wali dari Turki yang tiap berakhir berjama'ah shubuh di Turki lalu melatih di Madinah Al Munawwaroh, dan kembali lagi ke Turki sebelum matahari terbit.
Jika Allah yang berkehendak pada Kiai Nawawi laksana halnya pada Syekh Al Haroni tadi, maka tidak butuh waktu lama guna menempuh perjalanan dari Makkah ke Banten. Sesampainya Kiai Nawawi di Banten, tidak sedikit yang gembira atas kepulangan beliau, tidak sedikit yang sowan. Berita kepulangan beliau juga segera menyebar ke semua tanah Jawa dan Madura.
Begitu senangnya hati Kiai Kholil mendengar urusan itu. Segera beliau bersiap-siap menempuh perjalanan ke Banten. Ketika Kiai Nawawi memahami bahwa Kiai Kholil akan berangjangsana ke Banten, beliau melulu tersenyum dan segera beliau bersiap-siap pulang ke Makkah supaya Kiai Kholil tidak dapat menemuinya. Beliau berpesan pada di antara keluarganya:
"Jika terdapat pemuda yang mempunyai nama Kholil datang, bilang saja saya telah kembali ke Makkah.. dan bantu hal ini tidak boleh kau ceritakan pada siapapun juga, sebab ini ialah urusan saya dgn kiai muda tersebut (Kiai Kholil )".
Ternyata Kiai Nawawi memang benar-benar pulang ke Makkah. Akhirnya sampailah Kiai Kholil muda tersebut di lokasi tinggal Kiai Nawawi. Begitu kecewanya beliau sebab tidak dapat bertemu dengan Kiai Nawawi yang paling beliau harapkan barokah dan nasehatnya. Beliau sangat hendak belajar pada Kiai Nawawi walau cuma sebentar. Rasa capek tidak beliau rasakan, tekadnya guna belajar ke Kiai Nawawi tidak surut justeru semakin menjadi-jadi. Akhirnya Kiai Kholil juga berencana menyusul Kiai Nawawi ke Makkah.
Adapun Kiai Nawawi yang telah berada di Makkah, saat tahu bahwa Kiai Kholil muda bakal menyusul dirinya ke Makkah, beliau melatih seperti seringkali di salah satu wilayah di Makkah sambil menantikan kedatangan Kiai Kholil muda itu. Akhirnya mendarat saatnya Kiai Kholil berangkat ke Makkah dengan membawa bekal secukupnya yang dapat beliau bawa. Meskipun paling lama perjalanan mengarah ke Makkah, tetapi semua tersebut terkalahkan oleh tekad dan niat beliau guna belajar ke Kiai Nawawi. Itulah cerminan sosok Kiai Kholil yang tidak pernah merasa lumayan dan puas dengan ilmu agama yang telah didapat di sejumlah pesantren, beliau masih tetap hendak belajar dan belajar terus.
Tibalah Kiai Kholil di Tanah Suci, terlebih dulu beliau datang ke Masjidil Harom, yang di dalamnya ada Ka'bah yang mulia. Belum jelas sejarah menulis apakah saat beliau datang ke Makkah untuk menggali Kiai Nawawi itu ialah yang kesatu kali atau yang kedua kali. Kemudian beliau pun menggali tempat di mana seringkali Kiai Nawawi mengajar. Dalam masa-masa yang tak seberapa lama, kesudahannya ketemulah lokasi Kiai Nawawi itu. Namun apa yg terjadi?..
Ketika ditanyakan.. Memang betul lokasi tinggal itu ialah tempat Kiai Nawawi muqim dan mengajar, tetapi sudah 2 hari yang kemudian beliau berangkat kembali ke Indonesia (Banten). Pasti dapat kita rasakan bagaimana perasaan beliau ketika itu..
Meskipun tidak bertemu dengan Kiai Nawawi, Kiai Kholil tidak langsung pulang sebab beliau mesti mengemban ibadah haji dulu. Musim haji pun sudah usai, dan Kiai Kholil berangkat kembali ke negerinya lagi. Namun guna kepulangan beliau yang ini, Allah SWT menyerahkan satu karomah untuk beliau, yakni entah bagaimana kisahnya, yang jelas perjalanan beliau mengarah ke ke Indonesia dilangsungkan sangat singkat dan cepat. Kita pasti memahami akan urusan itu, andai Allah berkehendak maka tidak terdapat yang mustahil guna terjadi, walaupun semuanya terdapat di luar cakupan akal kita.
Kiai Kholil akhirnya hingga di Indonesia. Singkat cerita.. Setelah beliau berlalu menerima tamu-tamu yang menyambut kedatangan beliau dari tanah suci, maka niat untuk mendatangi Kiai Nawawi beliau teruskan lagi. Berangkatlah beliau mengarah ke ke Banten guna yang kedua kalinya. Susah payah dalam perjalanan tersebut tidak beliau hiraukan. Akhirnya sampailah Kiai Kholil di lokasi tinggal Kiai Nawawi.
Ada yang bertolak belakang kali ini, yakni Kiai Nawawi sengaja menantikan kedatangan Kiai Kholil dan bakal menemuinya. Tidak laksana sebelumnya, di mana beliau tidak jarang kali menghindar supaya Kiai Kholil tak dapat menemui dirinya. Pastilah tersebut semua ada destinasi dan maksud tertentu, dan Allah lah yang menata semua perjalanan semua "kekasihNya".
Pertemuan juga akhirnya terjadi. Bahagia sekali hati Kiai Kholil dapat berhadapan langsung dengan Kiai Nawawi pada ketika itu. Kiai Kholil sungkem di hadapan beliau. Kemudian saling ngobrol juga berlangsung:
"Sampean dari mana Gus?", tanya Kiai Nawawi.
"Saya dari Madura, Yai", jawab Kiai Kholil.
"Kira-kira ada kebutuhan apa ya Gus?"..
Kiai Kholil pun menyatakan tujuan beliau yang hendak menimba ilmu untuk beliau dengan bahasa yang paling santun yang menggambarkan bahwa Kiai Kholil nantinya ialah bukan orang sembarangan.
Kiai Nawawi pun memahami akan maksud Kiai Kholil itu. Beliau juga berkata: "Lho.. mengapa sampean datang jauh-jauh ke sini guna menimba ilmu untuk saya?.. Bukankah di dekat wilayah sampean ada seseorang yang paling alim, paling zuhud dan paling waro'nya?.. Kenapa sampean tidak menimba ilmu pada beliau saja?", kata Kiai Nawawi.
"Ngapunten (maaf) Yai.. Siapakah orang yang Yai maksud tadi?", tanya Kiai Kholil penasaran.
"Lha itu.. Kiai yang terdapat di Pasuruan itu.. Bukankah ketika sampean masih kecil dulu telah pernah ke sana?.. dan bukankah Kiai tersebut dulu pernah bilang untuk sampean supaya sampean datang ke sana lagi andai sudah besar?", jawab Kiai Nawawi.
Jawaban Kiai Nawawi tersebut membuat beliau membuka kembali memori masa kecil dulu. Beliau terkenang saat disuruh ayahandanya bersilaturrohmi ke lokasi seorang Kiai yang mempunyai nama Sayid Abu Dzarrin. Namun dalam hati Kiai Kholil masih ragu, apakah Kiai Abu Dzarrin tersebut yang dimaksud oleh Kiai Nawawi?..
"Nah, telah ingat kan?.. iya betul.. nama beliau Kiai Abu Dzarrin.. Sampean telah lama dirindukan oleh beliau.. segeralah ke Pasuruan dekat desa Karangsono itu!", kata Kiai Nawawi sebelum Kiai Kholil menanyakan siapa Kiai yg beliau maksudkan itu.
Kiai Kholil menyesal mengapa beliau hingga lupa dengan peristiwa yang beliau alami bareng Kiai Abu Dzarrin dulu?..bukankah Kiai tersebut memang telah berpesan supaya beliau menemuinya lagi di ketika dirinya telah dewasa?.. Dan beliau pun semakin yakin bahwa Kiai Nawawi ialah benar-benar seorang kekasih Allah. Dari mana beliau tahu sedetail tersebut tentang peristiwa yang beliau alami dulu bareng Kyai Abu Dzarrin?..
Akhirnya.. Kiai Kholil juga menuruti ajakan Kiai Nawawi supaya kembali ke Jawa Timur dan mendatangi Kiai Abu Dzarrin di Pasuruan. Ada urusan yang unik dalam cerita ini.. Sebenarnya Sayid Abu Dzarrin telah meninggal dunia 3 tahun yang lalu. Kiai Nawawi pun telah tahu bakal hal itu, tetapi Kiai Kholil belum mengetahuinya, dan rupanya Kiai Nawawi sengaja tidak memberi tahu beliau mengenai hal itu. Dengan tekad yang paling kuat, kesudahannya beliau mengarah ke ke Pasuruan ke lokasi Kiai Abu Dzarrin.
Nah.. kini timbul pertanyaan.. logika apa yang akan anda pakai, andai ada seseorang yang masih hidup, akan mendatangi bahkan belajar untuk orang yang nyata-nyata telah meninggal dunia 3 tahun yang lalu?..Sekali lagi jawabannya merupakan.. Allah lah yang menata dan menghendaki seluruh itu, dan tidak terdapat sesuatu juga yang susah bagiNya.
Setelah hingga di Pasuruan, beliau juga menanyakan lokasi Kiai Abu Dzarrin. Sudah lama sekali beliau tidak pulang ke tempat tersebut sehingga kini beliau tak sempat tempatnya. Sedangkan tiap orang yang beliau tanya dimana lokasi Kiai Abu Dzarrin, mereka menduga bahwa yang beliau tanyakan ialah tempat kubur (pesarean) beliau. Mereka pun mengindikasikan tempat kubur Kiai Abu Dzarrin itu, namun untuk Kiai Kholil yang mereka tunjukkan ialah rumah Kyai Abu Dzarrin, bukan kuburnya.
Setelah beliau hingga di lokasi Kiai Abu Dzarrin, subhanallah.. benar-benar Kiai Kholil didatangi oleh beliau, seolah-olah Kiai Abu Dzarrin tersebut benar-benar masih hidup. Tidak jelas laksana apa proses belajar Kiai Kholil di lokasi Kiai Abu Dzarrin ketika itu, yang jelas.. sampai kini di makam Kiai Abu Dzarrin terdapat suatu tulisan di dinding yang mengisahkan tentang pertemuan dan belajarnya Kiai Kholil bareng Kiai Abu Dzarrin At Tuqo (Kiai Tugu), dan peristiwa tersebut sudah menjadi sebuah cerita yang selalu dikatakan disaat acara haul akbar Sayid Abu Dzarrin di Pasuruan yang seringkali diselenggarakan pada tanggal 16 Syawwal tiap tahunnya. Bahkan sampai kini dari pihak anak cucu Kiai Kholil tidak jarang kali mengirimi beras ke Pasuruan guna acara haul tersebut. [dutaislam.com/ed/gg]
Sayid Abu Dzarrin kala itu ialah sosok ulama yang berasal dari Cirebon dan menetap di Karangsono, Winongan, Pasuruan. Beliau menegakkan sebuah pesantren di desa itu. Beliau paling alim, zuhud, dan waro'. Konon di pesantren beliau, bukan para insan saja yang menuntut ilmu disana, namun tidak sedikit juga semua jin yang ngaji di sana.
Saat Syaikhona Kholil kecil dan ayahandanya hingga di lokasi tinggal Sayid Abu Dzarrin di Karangsono, Pasuruan, mereka disambut dengan paling hangat, saling ngobrol dan sesekali terdapat canda. Sedangkan Kholil kecil laksana layaknya anak yang masih kecil bermain di luar. Namun tiba-tiba Sayid Abu Dzarrin mohon izin untuk Kiai Abdul Lathif, ayah Kholil kecil, guna mengajaknya ke dalam lokasi tinggal sebentar. Diajaklah dia ke sebuah tempat.
Memang Sayid Abu Dzarrin ialah seorang wali Allah yang kasyaf, yang memahami tentang hal-hal yang tidak diketahui oleh orang biasa. Beliau sudah lama menyaksikan bahwa Kholil kecil ialah sosok yang bakal menjadi orang besar dan menjadi wali Allah. Alkisah, ketika pertemuan berdua itu, beliau memegang dada Kholil kecil seraya berdoa yang entah apa yang beliau baca. Setelah tersebut beliau berbicara kepada si Kholil kecil. "Kamu nanti bila sudah besar main lagi ke sini ya, aku tunggu". kata Sayid Abu Dzarrin. "Inggih". jawab Kholil.
Tapi yang namanya anak kecil, dia anggap peristiwa tadi itu, tidak terdapat istimewanya sama sekali. Yang dia mau ya hanya bermain dan bermain saja. Maklum, masih kecil. Karena sudah lumayan lama berada di lokasi tinggal Sayid Abu Dzarrin, kesudahannya tibalah waktunya berpamitan. Kholil kecil dan ayahnya juga pamit pulang. Namun mereka tidak langsung pulang, mereka meneruskan perjalanan silaturrohmi ke ulama-ulama lainnya. Harapan sang ayah ialah agar Kholil kecil ini nantinya mendapat berkah dari semua kiai-kiai yang disowaninya (meskipun sang ayahanda, Kiai Abdul Lathif, pun termasuk sosok ulama besar yang paling disegani).
Menurut sejumlah sumber, silaturrohmi juga berlanjut sampai sampai ke Jawa Tengah. Kurang tahu persisnya di wilayah mana. Di Jawa Tengah mereka mampir ke lokasi tinggal seorang Kiai yang masih terdapat pertalian saudara. Seperti biasanya, mereka juga saling ngobrol dan canda guna melepas kangen. Di tengah-tengah mengobrol serius, tibalah masa-masa sholat dhuhur. Akhirnya mereka pun mengemban sholat berjama'ah tergolong si Kholil kecil. Yang menjadi imam ketika itu ialah tuan rumah. Namun aneh, saat di tengah-tengah sholat, Kholil yang masih kecil tersebut tiba-tiba tidak meneruskan sholatnya. Dia hanya duduk saja dan memandangi tuan lokasi tinggal yang masih sibuk menjadi imam sholat.
Setelah sholat berlalu sang ayah dan tuan lokasi tinggal merasa heran. Mereka bertanya mengapa Kholil kecil tidak mengekor sholat berjama'ah sampai selesai?.. dengan entengnya Kholil menjawab: "Lha saya heran dengan imamnya itu. Sholat kok seraya bawa sayuran di pundaknya".
Mendengar jawaban laksana itu, kontan sang ayah marah dan merasa malu sama tuan rumah. Bagaimana tidak, fakta yang ada merupakan, sang imam tidak membawa apapun di pundaknya. Tapi tuan rumah tidak mengizinkan ayah Kholil memarahi anaknya, justeru tuan rumah tersebut berkata: "Sudah sudah.. anak kamu tidak salah, memang saya yang salah. Sholat tersebut mestinya menghadap Allah, lha kok justeru saya ingat barang-barang sayur saya, tersebut namanya sholat yang tidak khusyu'".
Luar biasa.. Kholil yang masih sekecil itu dapat mengetahui sesuatu yang orang beda tidak tahu. Itulah karomah beliau di kala masih kecil. Sang ayah juga heran, dia bertanya pada anaknya yang masih lugu itu:
"Kholil.. siapa yg mengajari kamu, sampai kamu dapat seperti itu?"..
Dengan polosnya ia menjawab:
"Mbah Yai"..
"Mbah yai yg mana?"..
"Mbah Yai yang di Pasuruan yang kemarin anda ke sana"..
"Kiai Abu Dzarrin Itu?"..
"Inggih"..
Singkat cerita, Kholil kecil kini sudah dewasa, beliau paling tekun dalam menggali ilmu di sejumlah pondok pesantren. Beliau sudah lupa dengan kejadian spektakuler yang beliau alami ketika di Pasuruan dulu. Berkat ketekunan dalam hal menggali ilmu, beliau kesudahannya menjadi sosok pemuda yang disegani sebab kealimannya. Beliau senang sekali mengekor bahtsul masa-il yang diselenggarakan dimanapun, lagipula kalau ngobrol mengenai kitab-kitab atau hukum-hukum syar'i tentu beliau sangat kerasan sekali. Beliau sudah menikmati manisnya rasa beribadah dan menuntut ilmu.
Meskipun beliau telah nyantri ke sejumlah kiai alim dalam masa-masa yang tidak sebentar, sampai ukuran ilmu yang beliau peroleh sebetulnya sudah sangat memadai untuk diajarkan, tetapi beliau ibarat orang yang tidak jarang kali haus akan cucuran air yang segar ketika berada di tengah padang pasir. Begitu pun di dalam masalah belajar dan tabarruk, beliau masih merasa haus bakal dua urusan itu.
Hingga sebuah ketika, beliau mendengar mengenai seorang ulama besar yang paling alim di wilayah Banten yang mempunyai nama Kiai Nawawi. Sebenarnya Kiai Nawawi tidak sedang di Banten, lokasi kelahirannya, tetapi beliau telah menetap dan berda'wah di kota Makkah Al Mukarromah. Kealiman dan kezuhudan Kiai Nawawi telah terdengar di semua penjuru Indonesia, sampai saking seringnya Kiai Kholil mendengar mengenai Kiai Nawawi, maka niat dan tekad beliau guna berguru pada Kiai Nawawi tak dapat dibendung lagi. Beliau dengan sabar menantikan kedatangan Kiai Nawawi kembali ke Banten. Memang seringkali Kiai Nawawi pun pulang ke Banten, entah tersebut 2 tahun sekali atau lebih, walau cuma sebentar.
Kiai Nawawi sendiri ialah salah satu kekasih Allah yang di kehidupan beliau selalu diisi dengan keagungan dan karomah. Terbukti ketika beliau masih sedang di kota Makkah, beliau tahu dengan apa yang diharapkan oleh Kiai Kholil yang terdapat di Madura pada ketika itu. Segera beliau berangkat kembali ke Banten dengan masa-masa perjalanan yang tak laksana biasanya, laksana yang dilaksanakan oleh Syekh Abul Qois Al Haroni, seorang wali dari Turki yang tiap berakhir berjama'ah shubuh di Turki lalu melatih di Madinah Al Munawwaroh, dan kembali lagi ke Turki sebelum matahari terbit.
Jika Allah yang berkehendak pada Kiai Nawawi laksana halnya pada Syekh Al Haroni tadi, maka tidak butuh waktu lama guna menempuh perjalanan dari Makkah ke Banten. Sesampainya Kiai Nawawi di Banten, tidak sedikit yang gembira atas kepulangan beliau, tidak sedikit yang sowan. Berita kepulangan beliau juga segera menyebar ke semua tanah Jawa dan Madura.
Begitu senangnya hati Kiai Kholil mendengar urusan itu. Segera beliau bersiap-siap menempuh perjalanan ke Banten. Ketika Kiai Nawawi memahami bahwa Kiai Kholil akan berangjangsana ke Banten, beliau melulu tersenyum dan segera beliau bersiap-siap pulang ke Makkah supaya Kiai Kholil tidak dapat menemuinya. Beliau berpesan pada di antara keluarganya:
"Jika terdapat pemuda yang mempunyai nama Kholil datang, bilang saja saya telah kembali ke Makkah.. dan bantu hal ini tidak boleh kau ceritakan pada siapapun juga, sebab ini ialah urusan saya dgn kiai muda tersebut (Kiai Kholil )".
Ternyata Kiai Nawawi memang benar-benar pulang ke Makkah. Akhirnya sampailah Kiai Kholil muda tersebut di lokasi tinggal Kiai Nawawi. Begitu kecewanya beliau sebab tidak dapat bertemu dengan Kiai Nawawi yang paling beliau harapkan barokah dan nasehatnya. Beliau sangat hendak belajar pada Kiai Nawawi walau cuma sebentar. Rasa capek tidak beliau rasakan, tekadnya guna belajar ke Kiai Nawawi tidak surut justeru semakin menjadi-jadi. Akhirnya Kiai Kholil juga berencana menyusul Kiai Nawawi ke Makkah.
Adapun Kiai Nawawi yang telah berada di Makkah, saat tahu bahwa Kiai Kholil muda bakal menyusul dirinya ke Makkah, beliau melatih seperti seringkali di salah satu wilayah di Makkah sambil menantikan kedatangan Kiai Kholil muda itu. Akhirnya mendarat saatnya Kiai Kholil berangkat ke Makkah dengan membawa bekal secukupnya yang dapat beliau bawa. Meskipun paling lama perjalanan mengarah ke Makkah, tetapi semua tersebut terkalahkan oleh tekad dan niat beliau guna belajar ke Kiai Nawawi. Itulah cerminan sosok Kiai Kholil yang tidak pernah merasa lumayan dan puas dengan ilmu agama yang telah didapat di sejumlah pesantren, beliau masih tetap hendak belajar dan belajar terus.
Tibalah Kiai Kholil di Tanah Suci, terlebih dulu beliau datang ke Masjidil Harom, yang di dalamnya ada Ka'bah yang mulia. Belum jelas sejarah menulis apakah saat beliau datang ke Makkah untuk menggali Kiai Nawawi itu ialah yang kesatu kali atau yang kedua kali. Kemudian beliau pun menggali tempat di mana seringkali Kiai Nawawi mengajar. Dalam masa-masa yang tak seberapa lama, kesudahannya ketemulah lokasi Kiai Nawawi itu. Namun apa yg terjadi?..
Ketika ditanyakan.. Memang betul lokasi tinggal itu ialah tempat Kiai Nawawi muqim dan mengajar, tetapi sudah 2 hari yang kemudian beliau berangkat kembali ke Indonesia (Banten). Pasti dapat kita rasakan bagaimana perasaan beliau ketika itu..
Meskipun tidak bertemu dengan Kiai Nawawi, Kiai Kholil tidak langsung pulang sebab beliau mesti mengemban ibadah haji dulu. Musim haji pun sudah usai, dan Kiai Kholil berangkat kembali ke negerinya lagi. Namun guna kepulangan beliau yang ini, Allah SWT menyerahkan satu karomah untuk beliau, yakni entah bagaimana kisahnya, yang jelas perjalanan beliau mengarah ke ke Indonesia dilangsungkan sangat singkat dan cepat. Kita pasti memahami akan urusan itu, andai Allah berkehendak maka tidak terdapat yang mustahil guna terjadi, walaupun semuanya terdapat di luar cakupan akal kita.
Kiai Kholil akhirnya hingga di Indonesia. Singkat cerita.. Setelah beliau berlalu menerima tamu-tamu yang menyambut kedatangan beliau dari tanah suci, maka niat untuk mendatangi Kiai Nawawi beliau teruskan lagi. Berangkatlah beliau mengarah ke ke Banten guna yang kedua kalinya. Susah payah dalam perjalanan tersebut tidak beliau hiraukan. Akhirnya sampailah Kiai Kholil di lokasi tinggal Kiai Nawawi.
Ada yang bertolak belakang kali ini, yakni Kiai Nawawi sengaja menantikan kedatangan Kiai Kholil dan bakal menemuinya. Tidak laksana sebelumnya, di mana beliau tidak jarang kali menghindar supaya Kiai Kholil tak dapat menemui dirinya. Pastilah tersebut semua ada destinasi dan maksud tertentu, dan Allah lah yang menata semua perjalanan semua "kekasihNya".
Pertemuan juga akhirnya terjadi. Bahagia sekali hati Kiai Kholil dapat berhadapan langsung dengan Kiai Nawawi pada ketika itu. Kiai Kholil sungkem di hadapan beliau. Kemudian saling ngobrol juga berlangsung:
"Sampean dari mana Gus?", tanya Kiai Nawawi.
"Saya dari Madura, Yai", jawab Kiai Kholil.
"Kira-kira ada kebutuhan apa ya Gus?"..
Kiai Kholil pun menyatakan tujuan beliau yang hendak menimba ilmu untuk beliau dengan bahasa yang paling santun yang menggambarkan bahwa Kiai Kholil nantinya ialah bukan orang sembarangan.
Kiai Nawawi pun memahami akan maksud Kiai Kholil itu. Beliau juga berkata: "Lho.. mengapa sampean datang jauh-jauh ke sini guna menimba ilmu untuk saya?.. Bukankah di dekat wilayah sampean ada seseorang yang paling alim, paling zuhud dan paling waro'nya?.. Kenapa sampean tidak menimba ilmu pada beliau saja?", kata Kiai Nawawi.
"Ngapunten (maaf) Yai.. Siapakah orang yang Yai maksud tadi?", tanya Kiai Kholil penasaran.
"Lha itu.. Kiai yang terdapat di Pasuruan itu.. Bukankah ketika sampean masih kecil dulu telah pernah ke sana?.. dan bukankah Kiai tersebut dulu pernah bilang untuk sampean supaya sampean datang ke sana lagi andai sudah besar?", jawab Kiai Nawawi.
Jawaban Kiai Nawawi tersebut membuat beliau membuka kembali memori masa kecil dulu. Beliau terkenang saat disuruh ayahandanya bersilaturrohmi ke lokasi seorang Kiai yang mempunyai nama Sayid Abu Dzarrin. Namun dalam hati Kiai Kholil masih ragu, apakah Kiai Abu Dzarrin tersebut yang dimaksud oleh Kiai Nawawi?..
"Nah, telah ingat kan?.. iya betul.. nama beliau Kiai Abu Dzarrin.. Sampean telah lama dirindukan oleh beliau.. segeralah ke Pasuruan dekat desa Karangsono itu!", kata Kiai Nawawi sebelum Kiai Kholil menanyakan siapa Kiai yg beliau maksudkan itu.
Kiai Kholil menyesal mengapa beliau hingga lupa dengan peristiwa yang beliau alami bareng Kiai Abu Dzarrin dulu?..bukankah Kiai tersebut memang telah berpesan supaya beliau menemuinya lagi di ketika dirinya telah dewasa?.. Dan beliau pun semakin yakin bahwa Kiai Nawawi ialah benar-benar seorang kekasih Allah. Dari mana beliau tahu sedetail tersebut tentang peristiwa yang beliau alami dulu bareng Kyai Abu Dzarrin?..
Akhirnya.. Kiai Kholil juga menuruti ajakan Kiai Nawawi supaya kembali ke Jawa Timur dan mendatangi Kiai Abu Dzarrin di Pasuruan. Ada urusan yang unik dalam cerita ini.. Sebenarnya Sayid Abu Dzarrin telah meninggal dunia 3 tahun yang lalu. Kiai Nawawi pun telah tahu bakal hal itu, tetapi Kiai Kholil belum mengetahuinya, dan rupanya Kiai Nawawi sengaja tidak memberi tahu beliau mengenai hal itu. Dengan tekad yang paling kuat, kesudahannya beliau mengarah ke ke Pasuruan ke lokasi Kiai Abu Dzarrin.
Nah.. kini timbul pertanyaan.. logika apa yang akan anda pakai, andai ada seseorang yang masih hidup, akan mendatangi bahkan belajar untuk orang yang nyata-nyata telah meninggal dunia 3 tahun yang lalu?..Sekali lagi jawabannya merupakan.. Allah lah yang menata dan menghendaki seluruh itu, dan tidak terdapat sesuatu juga yang susah bagiNya.
Setelah hingga di Pasuruan, beliau juga menanyakan lokasi Kiai Abu Dzarrin. Sudah lama sekali beliau tidak pulang ke tempat tersebut sehingga kini beliau tak sempat tempatnya. Sedangkan tiap orang yang beliau tanya dimana lokasi Kiai Abu Dzarrin, mereka menduga bahwa yang beliau tanyakan ialah tempat kubur (pesarean) beliau. Mereka pun mengindikasikan tempat kubur Kiai Abu Dzarrin itu, namun untuk Kiai Kholil yang mereka tunjukkan ialah rumah Kyai Abu Dzarrin, bukan kuburnya.
Setelah beliau hingga di lokasi Kiai Abu Dzarrin, subhanallah.. benar-benar Kiai Kholil didatangi oleh beliau, seolah-olah Kiai Abu Dzarrin tersebut benar-benar masih hidup. Tidak jelas laksana apa proses belajar Kiai Kholil di lokasi Kiai Abu Dzarrin ketika itu, yang jelas.. sampai kini di makam Kiai Abu Dzarrin terdapat suatu tulisan di dinding yang mengisahkan tentang pertemuan dan belajarnya Kiai Kholil bareng Kiai Abu Dzarrin At Tuqo (Kiai Tugu), dan peristiwa tersebut sudah menjadi sebuah cerita yang selalu dikatakan disaat acara haul akbar Sayid Abu Dzarrin di Pasuruan yang seringkali diselenggarakan pada tanggal 16 Syawwal tiap tahunnya. Bahkan sampai kini dari pihak anak cucu Kiai Kholil tidak jarang kali mengirimi beras ke Pasuruan guna acara haul tersebut. [dutaislam.com/ed/gg]
Comments
Post a Comment